Apakah anda sudah tahu tentang Museum Benteng Vredeburg. Carjogja sebagai penyedia jasa wisata dan sewa mobil Jogja akan memberikan rekomendasi wisata. Apa sih rekomendasi nya ? yuk simak artikel dibawah ini.

sewa mobil jogja

Museum Benteng Vredeburg adalah bangunan megah yang berdiri di sisi utara Kraton Yogyakarta dibangun pada 1765 oleh Belanda. Fungsi awal bangunan ini adalah benteng. Itu terlihat dari bentuk bangunan yang memiliki menara pengawal di keempat sudutnya dan dikelilingi oleh parit yang berputar.

Cagar Budaya

Benteng Museum Vredeburg adalah bangunan cagar budaya yang berdiri di atas lahan seluas sekitar 2100 m2. Museum ini menyimpan beberapa koleksi sejarah seperti diorama dari sebelum era proklamasi Indonesia hingga Orde Baru atau era Orde Baru. Selain itu, ada juga benda-benda bersejarah seperti foto dan lukisan tentang bagaimana pahlawan Indonesia di masa lalu berjuang untuk mempertahankan negara.

sewa mobil jogja

Meskipun tempat tersebut telah dipugar beberapa kali, bentuk asli bangunan tetap dipertahankan. Pemerintah Belanda membangun sebuah bangunan yang berfungsi sebagai benteng peristirahatan pada tahun 1760 di atas tanah yang dimiliki oleh Istana Sultan dengan izin Sri Sultan HB I. Bangunan itu dinamai Benteng Rusternburg oleh pemerintah Belanda. Lima tahun kemudian, tepatnya pada 1765-1788, benteng itu berganti nama menjadi Benteng Vredeburg yang berarti Benteng Perdamaian.

Historis

Secara historis, bangunan ini telah mengalami berbagai perubahan fungsi sejak didirikan hingga sekarang. Benteng Vredeburg pada 1760-1830 difungsikan sebagai benteng; pada 1830-1945, itu berfungsi sebagai markas militer Belanda dan Jepang; dan pada tahun 1947-1977 digunakan sebagai markas militer Republik Indonesia.

sewa mobil jogja

Setelah 1977, militer Indonesia kembali ke pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian, pada 9 Agustus 1980 ditetapkan sebagai Pusat Kebudayaan dan Pembangunan Indonesia. Daoed Yusuf sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu segera menerima persetujuan dari Sri Sultan HB IX.

Setelah difungsikan sebagai Pusat Informasi dan Pengembangan Budaya Nusantara (selama delapan tahun), fungsi Benteng Vredeburg dipulihkan menjadi Museum Perjuangan pada 16 April 1985. Museum ini terbuka untuk umum. Akhirnya, pada tanggal 23 November 1992 secara resmi menjadi “Museum Khusus Perjuangan Nasional” yaitu Museum Benteng Yogyakarta “.

Struktur Benteng

Benteng ini memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki parit di semua sisinya. Belum lagi sebuah menara pengawas berada di semua sudut. Ketika turis mencapai bagian selatan benteng, mereka mungkin menemukan meriam tua juga.

sewa mobil jogja

Adapun gerbang, itu tampak megah dengan tanda nama di atasnya. Menurut penduduk setempat, benteng ini memiliki ukuran total sekitar 2.100 meter per persegi! Seperti disebutkan sebelumnya, itu dibangun oleh Belanda. Tidak heran, arsitekturnya mewakili budaya mereka. Desainnya orisinal dan tidak berubah sama sekali!

Eksplorasi

Begitu tiba di Vredeburg Fort Museum, mereka akan melihat bangunan megah segera. Belum lagi berbagai jenis fasilitas dan kamar berada di daerah itu. Ini termasuk ruang pameran, perpustakaan, ruang pertemuan, ruang tamu, masjid kecil, ruang audio-visual, akses internet gratis, dll. Dengan demikian, dianjurkan untuk menjelajahi semua bagian benteng untuk pengalaman terbaik. Belum lagi turis harus membawa kamera untuk mengambil beberapa foto saat eksplorasi.

Selain eksplorasi dan fotografi, orang-orang tetap datang ke Vredeburg Fort Museum untuk menyaksikan semua koleksi pasti. Begitu memasuki benteng, wisatawan dapat melihat beberapa miniatur, replika, foto, dan lukisan. Belum lagi beberapa kamar diorama tersedia di area itu. Masing-masing dari mereka menyimpan benda bersejarah yang berbeda. Ini tipnya. Wisatawan juga harus mengambil foto menggunakan kamera mereka ketika menjelajahi kamar-kamar itu. Selama mereka tidak membuang sampah sembarangan, mereka baik untuk pergi.

Kebanyakan orang tertarik untuk nongkrong di luar Vredeburg Fort Museum, sebagai gantinya. Mereka hanya menjelajahi semua bagian benteng termasuk parit, jembatan, dinding, gerbang, dan Monumen Serangan Umum. Wisatawan biasanya berfoto selfie di depan benda-benda ini! Di depan benteng, beberapa pedagang kaki lima berkumpul dan menawarkan produk mereka kepada wisatawan juga. Ini termasuk makanan dan suvenir!

Penyedia Jasa Sewa Mobil Berpengalaman

Sebagai salah satu penyedia jasa sewa mobil jogja yang berpengalaman carjogja memberikan solusi transportasi idaman untuk berbagai lapisan masyarakat dengan tarif sewa yang murah dan bisa dibandingkan dengan kompetitor sewa mobil lainnya. Carjogja memiliki sopir yang sudah sangat berpengalaman, Carjogja siap membantu anda untuk menikmati liburan anda di Jogja.

Carjogja selalu memberikan informasi harga terbaru yang dapat anda ikuti di laman resmi kami yaitu carjogja.com

Open chat
1
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by