Mengenal Lebih Jauh Tentang Candi Prambanan

Kali ini Kuruma Wisata Jasa Sewa Mobil Jogja akan berbagi lebih dalam tentang Candi Prambanan. Nah kali ini kita akan membahas candi prambanan. Yang akan kita bahas mulai dari sejarah pembangunan, penemuan candi, legenda dan tentang wisatanya.

Tentang Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar (candi) yang dibangun oleh Kerajaan Mataram, penguasa Jawa Tengah dan para penakluk dari Dinasti Sailendra.

Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, di hampir setiap negara lain, monumen kuno yang megah dengan skala Prambanan akan segera ditetapkan sebagai simbol nasional. Di Indonesia meskipun agak dibayangi oleh Borobudur terdekat yang bahkan lebih menakjubkan. Kedua situs ini sangat berbeda dalam gaya dengan Hindu Prambanan menjadi kumpulan menara yang tajam dan berukir berbeda dengan sebagian besar Borobudur Budha yang horisontal.

Sebuah candi yang pertama kali dibangun di lokasi sekitar 850 M oleh Rakai Pikatan dan diperluas secara ekstensif oleh Raja Lokapala dan Balitung Maha Sambu, raja Sanjaya dari Kerajaan Mataram. Menurut prasasti Shivagrha tahun 856 M, kuil itu dibangun untuk menghormati Dewa Siwa dan nama aslinya adalah Siwa-grha (Rumah Siwa) atau Siwa-laya (Alamnya Siwa).

Menurut prasasti Shivagrha, proyek air publik untuk mengubah aliran sungai di dekat Kuil Shivagrha dilakukan selama pembangunan Candi berlangsung. Oleh karena itu sedikit kemudian tetapi lebih atau kurang kontemporer dengan Borobudur. Pada abad ke-10 candi prambanan ini sebagian besar ditinggalkan setelah dinasti Mataram memindahkan pusat pemerintahan ke daerah Jawa Timur.

Sebagian besar bagian candi utama runtuh saat terjadi gempa bumi besar di abad ke-16 dan kompleks besar itu sebagian besar terlupakan di hutan. Setelah Perang Jawa Inggris-Belanda, Jawa secara singkat berada di bawah pemerintahan Inggris dari tahun 1811 hingga 1816. Pada tahun 1811, seorang surveyor yang bekerja untuk Thomas Stamford Raffles tiba di reruntuhan Prambanan secara kebetulan.

Sedikit ironis bahwa pemerintahan Inggris yang sangat singkat berada di tanah Jawa menyebabkan ditemukannya kembali Borobudur dan Prambanan. Inggris dan Raffles tidak berkuasa di Jawa cukup lama dan tidak terlalu banyak melakukan sesuatu untuk candi Prambanan dan penjarahan mulai marak terjadi dengan penduduk Belanda yang menghiasi taman mereka dengan patung-patung yang tak ternilai dan orang-orang lokal mengambil batu pondasi dan menggunakannya sebagai bahan konstruksi. Pemulihan yang tepat dimulai pada tahun 1930 dan masih berlanjut hingga hari ini.

Legenda Roro Jonggrang

Setelah ayahnya, Raja Boko dikalahkan dalam pertempuran, putri Jawa Roro Jonggrang dengan enggan setuju untuk menikahi pemenangnya Pangeran Bandung, tetapi hanya jika ia membangun sebuah kuil dengan 1000 patung sebelum matahari terbit. Dengan bantuan roh, Bandung telah menyelesaikan 999, ketika sang putri menyalakan api di sebelah timur candi. Tertipu untuk berpikir itu fajar, ayam jantan di desa tetangga berkokok dan roh-roh melarikan diri – dan Pangeran Bandung yang marah mengubah dia menjadi batu, yang terakhir dan paling indah dari patung-patung.

Arsitektur Candi Prambanan

Awalnya terdapat 240 kuil di kompleks tetapi banyak dari mereka telah memburuk atau dijarah meninggalkan hanya batu yang berserakan. Ada tiga zona:

Zona luar adalah ruang terbuka besar yang pernah dibatasi oleh tembok besar (sudah lama hilang). Fungsi ruang ini diperdebatkan tetapi mungkin baik taman / taman relaksasi atau situs ashram untuk brahmana imam kuil.

Zona tengah terdiri dari empat baris dari 224 tempat pemujaan identik dan konsentris. Sebagian besar reruntuhan tetapi beberapa telah dipulihkan sepenuhnya. Kuil ini disebut Candi Perwara (kuil penjaga). 224 kuil Pervara disusun dalam 4 baris persegi konsentris; jumlah candi dari baris dalam ke baris luar adalah: 44, 52, 60, dan 68. Ada beberapa teori tentang desain dan penggunaan kuil ini. Beberapa percaya bahwa masing-masing dari empat baris mewakili tingkat sistem kasta Mataram dan masing-masing dirancang untuk digunakan oleh satu kasta saja. Teori-teori lain termasuk bahwa ini dirancang untuk menerima persembahan. Tunduk kepada raja atau bahwa mereka hanyalah tempat yang dirancang dengan indah untuk meditasi.

Zona dalam berisi delapan candi utama dan juga, delapan kuil kecil. Ini tentunya yang paling suci dari tiga zona dan merupakan platform yang ditinggikan persegi yang dikelilingi oleh dinding. Dengan gerbang yang sesuai dengan masing-masing dari empat titik mata angin. Tiga kuil batin utama didedikasikan untuk Brahma Sang Pencipta, Wisnu sang Penjaga dan Siwa sang Penghancur. Tiga candi utama disebut kuil Trimurti. Tepat di depan ketiga kuil mai ini terletak tiga kuil Vahana, tiga kuil di depan kuil Trimurti yang didedikasikan untuk vahana masing-masing dewa; Nandi, Garuda, dan Hamsa. Dua kuil Apit terletak di antara deretan kuil Trimurti dan Vahana di sisi utara dan selatan. Kuil 4 Kelir adalah kuil kecil yang terletak di 4 arah mata angin tepat di luar 4 gerbang utama zona dalam, dan empat kuil Patok, empat kuil kecil yang terletak di empat sudut zona dalam.

Prambanan Masa Modern

Prambanan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1991 dan profil globalnya sebagai objek wisata meningkat tajam pada 1990-an. Candi Roro Jonggrang utama berada di sebuah taman besar dan terawat dengan baik menjadikannya tempat yang menyenangkan dan ramah bagi pengunjung.

Untuk memahami sedikit tentang Prambanan dan berkeliling di semua candi, Anda perlu menyisihkan bagian terbaik dari sehari penuh. Kompleks dibuka lebih awal pada jam 6 pagi sehingga tidak buruk untuk menginap malam sebelumnya dan masuk sebelum orang banyak tiba dari jam 9 pagi dan seterusnya. Ini juga akan memungkinkan untuk kembali dengan santai ke Yogyakarta. Atau Solo pada sore hari dengan mengambil di beberapa situs arkeologi lainnya di dataran Prambanan. Ini adalah bagian basah Jawa dan kunjungan di luar periode November hingga Maret memiliki peluang terbaik untuk memberikan hari yang cerah dan indah.

Cara Menuju Ke Candi

Kota-kota besar terdekat adalah Yogyakarta, 17 kilometer di barat daya dan Solo sekitar 40 kilometer di timur laut. Jalan utama yang menghubungkan kedua kota besar ini melewati Prambanan dan ini membuat jalur transportasi sangat mudah. Kota aktual terdekat ke Prambanan adalah Klaten, sekitar 3 km ke utara.

Dengan pesawat

Bandara Yogyakarta dilayani dengan baik oleh penerbangan domestik dari Jakarta, Bali, tujuan domestik utama lainnya dan internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur. Hanya sepuluh kilometer dari bandara ke Prambanan. Taksi langsung dari bandara harus biaya sekitar Rp 50.000 dan memakan waktu sekitar 20 menit.

Bandara Solo jauh lebih kecil tetapi memiliki beberapa penerbangan setiap hari dari Jakarta dan juga terhubung secara internasional dari Singapura dan Kuala Lumpur. Prambanan berjarak sekitar 90 menit dengan bus dari bandara Solo.

Dengan bus

TransJogja, layanan bus terbaru Yogyakarta, juga melayani rute langsung ke Prambanan. Bus ber-AC dan nyaman, tetapi kadang-kadang bisa penuh sesak. Ambil nomor 1A dari jalan Malioboro (Rp3.600 satu arah). Yang pertama berangkat sekitar jam 6 pagi, lalu setiap 20 menit. Tergantung pada lalu lintas, perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 30 menit, tetapi dapat memakan waktu satu jam ketika lalu lintas padat. Dari stasiun terminal, seberangi jalan yang sibuk, belok kanan, dan berjalan sekitar 300 meter ke pintu masuk pejalan kaki.

Ada bus reguler dari stasiun bus Umbulharjo Yogyakarta (30 menit), serta beragam minibus yang dioperasikan oleh agen perjalanan yang berangkat langsung dari tempat-tempat backpacker di Yogyakarta. Bus lokal ke / dari Solo juga mudah ditemukan (90 menit).

Dengan taksi

Taksi dari pusat kota Yogyakarta berharga sekitar Rp. 60.000. Pengemudi mungkin siap untuk menunggu secara gratis selama satu jam atau lebih dan kemudian membawa Anda kembali dengan harga yang sama, memberikan total biaya Rp. 120.000. Taksi dapat ditemukan di salah satu jalan utama di Yogyakarta.

Dengan kereta api

Dari stasiun kereta Lempuyangan pukul 07:18 atau 12:30 (№ kereta itu 252). Dari stasiun Maguwo (dekat bandara) pada 07:29 atau 12:46 (dari kereta adalah 260). Harga oneway 8000 Rp. Begitu Anda mencapai stasiun Brambanan (sekitar 20 menit) berjalan sekitar 300-400 meter ke pintu masuk pejalan kaki.

Dengan mobil

Mobil dengan sopir untuk perjalanan pulang-pergi dari Yogyakarta ke Prambanan akan dikenakan biaya sekitar Rp. 300.000 (termasuk waktu yang Anda butuhkan di candi). Anda dapat mengatur mobil dengan sopir di sebagian besar hostel / hotel. Dan di semua pusat informasi wisata yang dikelola secara pribadi. salah satu layanan sewa mobil jogja adalah Kuruma Wisata yang memiliki harga yang terjangkau.

Peta Candi Prambanan

Jasa sewa mobil jogja terbaik saat ini dengan layanan terlengkap termasuk layanan wisata murah adalah Kuruma Wisata. Anda dapat menyewa mobil dan sopir dengan harga sewa mobil jogja yang murah. Rental mobil jogja dapat anda lakukan di kurumawista.com, di laman tersebut anda dapat memesan secara langsung kepada CS Kuruma Wisata. Anda dapat berkonsultasi dengan Kuruma Wisata terkait dengan sewa mobil jogja, paket wisata murah, rencana ittenary wisata anda dan rekomendasi tempat wisata terbaik di Jogja.

Baca Juga : Candi Prambanan Candi Hindu Termegah Di Indonesia