Kedung Pedut Kolam Alami Di Kulonprogo

Jika anda memang senang bermain dengan air dan memiliki niat untuk jalan-jalan ke Kulonprogo, tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke sebuah tempat baru yang dapat dikunjungi. Namanya adalah Kedung Pedut. Sebuah kolam alami yang memiliki warna air biru Tosca. Sangat menarik sekali.

Sebenarnya tempat ini sudah lama eksis untuk kalangan sekitar tetapi baru booming pada awal tahun 2015. Saat dimulainya pembangunan beberapa fasilitas (meskipun sederhana) membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi oleh kalangan wisatawan Jogja dan sekitarnya.\

Penamaan Kedung Pedut

“Kedung” dan “pedut” sendiri merupakan beberapa kata dari Bahasa Jawa yang mana Kedung berarti kolam. Sedangkan kata pedut memiliki arti kabur/suram. Kata “pedut” sengaja digunakan karena untuk menggambarkan kondisi air yang kadang berwarna putih mirip kabut. Di sekitar Kedung Pedut ini terdapat air terjun yang tidak terlalu tinggi. Menurut cerita dari warga sekitar, air sungai yang mengalir di Kedung Pedut ini juga membentuk air terjun lainnya seperti air terjun Grojogan Sewu, Curug Setawing, Taman Mudal dan Kembang Soka.

Kedung Pedut ini berlokasi di kawasan Perbukitan Menoreh yang mana Kawasan ini memiliki hawa sejuk di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Lokasinya dekat dengan Tempat Wisata Kalibiru Dalam menunjang para pengunjung, sudah disediakan fasilitas yang cukup sederhana seperti toilet, tempat ibadah, warung, serta penunjuk arah. Pengelolaan tempat wisata ini diprakarasi oleh sebuah komunitas bernama Pokdarwis daerah sana yang merupakan kependekan dari Kelompok Sadar Wisata.

Perjalanan untuk menuju ke lokasi Kedung Pedut membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari lokasi parkir yang sudah disediakan. Selain objek wisata Kedung Pedut, ternyata masih ada beberapa tempat lain yang bisa dapat anda kunjungi di sekitar Kedung Pedut yaitu Kedung Lanang, Kedung Merak dan Kedung Merang.

Apa yang dapat dilakukan di Kedung Pedut?

Kedung Pedut didesain sebagai tempat area bermain. Pengunjung yang suka dan gemar bermain air tentu akan sangat senang mengunjungi kedung pedut ini dan berenang sampai kedingingan. Air yang ada di Kedung Pedut ini terlihat sangat menggoda, mereka yang awalnya tidak ada niat berenang pasti akan tergoda untuk berenang. Di sekitar pinggiran kedung pedut sendiri ada banyak rakitan bambu yang memiliki fungsi sebagai tempat duduk wisatawan, jembatan dan semacam bendungan. Kedalaman dari kolam ini kurang lebih sedada orang dewasa.

Tersedia Warung Yang Enak

Jika anda sudah merasa puas berenang, terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai makanan. Anda dapat mampir untuk ngopi sembari menikmati suasana segar yang ada. Jika ingin menjelajah lagi, ada kawasan sekitar Kedung Pedut anda dapat menemukan sebuah gardu pandang.  Gardu pandang dapat anda gunakan untuk duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan yang ada disekitar Kedung Pedut.

Jika anda dan keluarga anda ingin berwisata di Jogja jangan lupa untuk menghubungi Carjogja. Carjogja memiliki banyak pilihan paket wisata murah khususnya wisata area Propinsi Yogyakarta dan juga sewa mobil jogja murah, dengan fasilitas supir yang berpengalaman, armada yang Tangguh dan pastinya harga yang terjangkau di kantong anda.

Peta Menuju Kedung Pedut